Memahami Dofollow Dan Nofollow Link dalam Backlinks

do_follow_no_follow

Backlink adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh blogger dalam setiap post atau tulisan yang mereka buat. Backlink sendiri artinya adalah memberikan link ke situs lain (outbound link) dengan anchor text tertentu.

Misalnya saja dalam tulisan memahami dofollow dan nofollow link kali ini saya akan memberikan internal backlink ke tulisan sebelumnya mengenai long-tailed keyword yang sekarang dianggap sebagai tools yang lebih baik untuk SEO dibandingkan short keyword.

Nah, untuk link ini sendiri, ada 2 (dua) atribut yang biasa digunakan, yaitu Dofollow dan Nofollow. Keduanya memiliki fungsi berbeda dalam hal SEO.

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow

Sebelum membahas lebih dalam mengenai dofollow dan nofollow attribute dalam backlink, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu link dofollow dan nofollow ya. 

DOFOLOOW_NOFOLLOW

Link DOFOLLOW

Link DoFollow adalah link yang meminta Google Robots dan search engine lainnya untuk mengikuti website yang dimasukkan dalam link tersebut. Dengan kata lain, robot pencari akan menggunakan link yang ada dalam postingan sebagai salah satu yang harus diindex oleh mereka. 

Nah, saat saya memberikan link ke tulisan sebelumnya itu, yang saya lakukan adalah memberikan link dofollow, karena saya tidak melakukan edit apapun terhadap link tersebut.

Cara paling mudah mengingat link jenis dofollow adalah ketika memberikan link tanpa merubah apapun, hanya insert link, itu biasanya adalah dofollow. Apalagi di wordpress

 

Nah situs IQROSOFT.co.id ini menyediakan submit artikel dengan Backlink Dofollow. 

 

LINK NOFOLLOW

Sedangkan link nofollow artinya link yang meminta search engine robots untuk jangan mengikuti website yang ada dalam link tersebut. Dengan demikian, robot-robot pencari itu akan mengabaikan dan tidak menganggap link tersebut dalam membuat index untuk pencarian.

Dampak Link DOFOLLOW dan NOFOLLOW

Dalam hal SERP – Search Engine Result Page, link dofollow memiliki nilai yang sangat tinggi karena link tersebut mengarahkan robots pencari untuk memasukkannya dalam perhitungan posisi website tercantum dalam halaman pencarian. 

Jadi semakin banyak link DOFOLLOW, artinya akan semakin besar kemungkinan post atau page dari website tersebut masuk dalam halaman 1 mesin pencari.

Tentunya hal ini juga tergantung pada keyword yang digunakan dalam mencari. Misalnya saja dalam contoh di atas, Title yang digunakan adalah long-tailed keyword. 

Kalau SEO on page yang digunakan sudah tepat, setiap orang yang mencari di website (google, yahoo, bing, ask, dan mesin pencari lainnya) dengan kata-kata: “long-tailed keyword”, akan mengarah pada website kita.

Namun karena post kita tentang long-tailed keyword diberikan nofollow attribute, maka mesin pencari akan melupakan post kita tersebut dan tidak meningkatkan peringkat post kita saat pencarian menggunakan keyword itu. 

Dengan kata lain, jika ada penggunaan keyword tersebut, yang sangat berpengaruh ya DA & PA blog kita ditambah dengan setting SEO dalam postingan kita sendiri.

Semoga Bermanfaat.

Source: https://www.tulisanbloggerindonesia.com/memahami-dofollow-dan-nofollow-link/



Beli

EBOOK PALING DICARI !

RAHASIA AMPUH BELAJAR ANDROID DARI NOL UNTUK PEMULA !

- COCOK UNTUK PEMULA : MUDAH DIPAHAMI

- RESELLER - JUAL KEMBALI EBOOK


Hosting Cloud Bisnis

Infaq dan Sedekah ke Rumah Yatim



Note! Harga Bisa Naik Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya...

Judul Artikel: Memahami Dofollow Dan Nofollow Link dalam Backlinks

author

Kutipan SEO

"Today it's not about 'get the traffic', it's about 'get the targeted and relevant traffic."

Adam Audette, Chief Knowledge Officer, RKG

Leave a Comments

© IQROSOFT.co.id 2020. All Right Reserved. Support by Qwords | Designed by Iqrosoft.co.id

Back to Top